Sabtu, 14 Mei 2011

Objek Wisata Belinyu

Pada kesempatan kali ini saya akan mengenalkan beberapa objek wisata yang berada di pulau Bangka, khususnya di daerah sekitaran kota Belinyu. Meskipun Belinyu hanyalah sebuah kota kecil di pulau Bangka namun Objek Wisata yang terdapat di kota kecil ini tidak kalah menariknya dengan yang berada di Ibukota Kabupaten dan Provinsi


Pantai Romodong, lokasinya berada di daerah Belinyu, Bangka utara, sekitar 77 km dari Sungailiat. Di pantai Romodong ini, para wisatawan dapat menyaksikan peristiwa terbenamnya matahari. Ini dikarenakan lokasi pantainya yang menghadap ke Barat. Panjang keseluruhan pantai mencapai 4 km. Lautnya landai, berpasir putih dan halus. Airnya bening bak kristal, Kejutan terasa saat mendekati jalan masuk ke pantai. Ada dua batu besar hitam di sisi kiri-kanan yang mengapit, mirip sebuah pintu gerbang. serta di Pantai Romodong ini tersedia beberapa penginapan serta fasilitas lain untuk wisatawan.


Pha Kak Liang adalah sebuah kawasan yang bergaya cina, yang dibangun di daerah bekas tambang timah, yang luasnya mencapai 2 ha.Tempat ini berada di Desa Kuto Panji, Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka,Pha Kak Liang berada sekitar 2 km dari Kota Belinyu atau 53 km dari Kota Sungailiat.para Wisatawan yang datang ke Pha Kak Liang seolah-olah berada di kawasan daratan Hongkong atau Taiwan. Daya tarik Pha Kak Liang bagi wisatawan di sini yang tak kalah menariknya adalah para wisatawan bisa menyaksikan ikan air tawar yang besar-besar bermunculan dipermukaan air pada saat di berikan makanan yang telah disediakan oleh penjaga setempat. Menurut ceritanya ikan-ikan tersebut tidak boleh dipancing atau dimakan.



Gunung Maras terletak di Desa Rambang Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka sekitar 70 km dari kota Sungailiat atau 33 km dari kota Belinyu. Gunung ini merupakan salah satu aset wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi, terutama oleh para penggemar lintas alam seperti hiking, berkemah dan mendaki gunung. Alamnya indah, pepohonan hutan yang cukup lebat menambah daya tarik sendiri.Gunung Maras merupakan satu-satunya gunung di Pulau Bangka. Gunung ini akan tampak sangat indah apabila dipandang dari jembatan Perimping.



Masih banyak lagi Objek Wisata yang belum dapat saya share namun saya pastikan kelak semua Objek Wisata yang saya ketahui di pulau Bangka akan saya share hanya buat anda.

1 komentar: